Kolam Air Soda, Salah Satu Kenikmatan Yang Disuguhkan Oleh Alam Untuk Indonesia

Pemandian air soda
Kolam Pemandian Air Soda yang terletak Desa Parbubu, Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara

NEWSWANTARA – Indonesia ternyata memiliki kolam air soda yang hanya terdapat dibeberapa belahan dunia. Venezuela dan Amerika bagian selatan diantaranya, negara yang berkesempatan mendapat kenikmatan yang disuguhkan oleh alam.

Kolam air soda di Indonesia terletak di Desa Parbubu, Tarutung, Sumatera Utara. Kolam ini kini telah dikelola menjadi objek wisata sebagai tempat pemandian para wisatawan yang berkunjung.

Mata air ini ditemukan oleh seorang bidan di Tapanuli Utara, O Tobing Sihite. Saat itu dia sedang mencangkul tanah dan tanpa sengaja keluar air dari dalam tanah. Begitu dirasa, ternyata air ini berbeda dengan rasa dan aroma yang mirip dengan soda. Kemudian di tahun 2004, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara meresmikan kolam air soda ini menjadi salah satu objek wisata.

Baca Juga:

Kolam ini benar-benar nyata dengan mata air soda yang selalu mengairinya. Karena airnya yang berwarna kemerahan, masyarakat setempat menyebutnya aek rara, dalam bahasa Batak Toba artinya air merah.

Jika berenang atau mandi di kolam air soda ini dianjurkan memakai kacamata renang dan harus berhati-hati agar tidak terkena mata. Karena jika terkena mata, mata akan terasa perih.

Seperti halnya jika kita ketumpahan soda, tubuh kita akan terasa ringan karena gelembung-gelembung soda.  Namun jangan salah, air soda ini tidaklah lengket seperti minuman bersoda yang dijual di pasaran. Rasanya juga tidak manis, karena tidak ada kandungan gula.

Untuk menikmati kolam langka ini tidak dipungut biaya yang besar untuk menikmati serunya sensasi berendam di kolam air soda Tarutung. Berkunjung ke Tarutung, Sumatera Utara tidak lengkap jika tidak mengunjungi kolam langkah ini.

Untuk dapat mencapai tempat ini anda harus menempuh jarak sepanjang 200 km dari Kota Medan. Perjalanan yang tentunya cukup menguras tenaga namun akan terbayar ketika merasakan indahnya pemandian berwarna kemerahan layaknya air soda.

Sensasi mandi di air soda tentu berbeda dengan pemandian pada umumnya. Saat menyeburkan diri ke dalam airnya, tubuh Anda akan berasa seperti berbusa. Airnya juga tidak lengket saat tersentuh dengan kulit, terasa sedikit asin dan badan Anda seolah berasa halus dan ringan. Tapi ingat, cipratan airnya bakal membuat mata sedikit perih.

Selain meraskaan mandi di air soda, Pemandian Air Soda ini juga berbatasan langsung dengan hamparan persawahan yang dikelilingi perbukitan Rura Silindung (Lembah Silindung). Artinya, ada pemandangan serba hijau yang menyejukan pandangan di depan mata. Sebuah aset yang diharus dijaga dan dilestarikan oleh generasi Indonesia.

loading...