Kepulauan Widi
suasana kepulauan widi yang masih asri [okezone]

NEWSWANTARA – Alam yang menawan dengan segala keasriannya membuat suasana hati tenang seketika menyaksikan keindahan alam yang ‘perawan’. Alam yang begitu bersahabat membuat perasaan kagum tidak henti-hentinya berucap. Ini menjadi sepenggal perasaan yang takjub dengan alam kepulauan widi yang terketak di Desa Gane Luar, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara.

Kepulauan widi dikenal memiliki keindahan dan keunikan tersendiri. Hamparan pasir yang putih dan luas serta air laut nan jernih kebiruan dengan terumbu karang yang terhampar menjadi deskripsi tersendiri saat mengunjungi Kepulauan Widi. Keeksotikan kepulauan ini selalu disamakan dengan keindahan Kepulauan Mandeh dan Raja Ampat di Papua.

Baca juga : Kampung warna-warni Malang kian cantik semenjak adanya jembatan kaca

Banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan di pulau tak berpenduduk ini, mulai dari memancing, snorkeling, maupun diving. Suasana pantai yang hening dan pemandangan laut yang indah membuat Kepulauan Widi menjadi destinasi wisata yang tepat untuk melepaskan diri dari sandraan rutinitas yang monoton.

Kepulauan ini dilengkapi dengan danau air tawar yang menjadi tujuan wisata bagi mereka yang gemar berpetualang. Selain menjadi destinasi wisata berkelas dunia, Kepulauan Widi juga menjadi sumber utama mata pencaharian warga lokal. Perairan laut yang masih jernih dan kaya akan ikan membuat banyak orang menggantungkan hidup sebagai nelayan.

Untuk bisa merasakan alam Kepualaun Widi, dapat ditempuh melalui Ternate menggunakan kapal laut dari Pelabuhan Saketa dengan waktu tempuh sekitar 5 jam. Perjalanan kemudian akan dilanjutkan menggunakan kendaraan roda dua menuju Kecamatan Gane Timur dengan waktu tempuh sekitar 3 jam yang kemudian lanjut kembali menggunakan speedboat sekitar 2 jam.

Ada juga alternatif lain memalui Pulau Bacan terlebih dahulu. Dari Pulau Bacan perjalanan dilanjutkan dengan speedboat menuju Kepulauan Widi. Bagi Anda yang menggunakan cara kedua, ada baiknya jika Anda mencari tahu terlebih dahulu dengan berkonsultasi dengan warga lokal yang menyewakan perahu dan speedboat-nya.

Potensi yang dimiliki kepulauan widi membuat pemerintah setempat berkomimen untuk membangun akses dalam mempermudah wisatawan yang berkunjung. Saat ini kunjungan wisatawan masih kurang, padahal ini destinasi wisata yang tak kalah dengan tempat lain di Indonesia bahkan dunia. Dari potensi alam kepualauan widi, diharapkan dapat menjadi alternatif wisata untuk segera disambangi karena alam Indonesia sudah cukup kaya dan harus dijaga.

Berikan Komentar Anda

1 Komentar Pada "Merasakan Keindahan Alam Kepulauan Widi Yang Menawan"

avatar
Kamil Tour
Guest

Ya Allah indahnya..Bisa jadi referensi wisata alam lainnya.