Kampung Warna-Warni Malang Kian Cantik Semenjak Adanya Jembatan kaca

Jembatan kaca'Ngalam Indonesia
Jembatan kaca "Ngalam Indonesia" [Liputan6/Zainul Arifin]

NEWSWANTARA – Penampilan kampung tematik, yakni Kampung Tridi dan Kampung Wisata Jodipan (Kampung Warna Warni) di Kota Malang, Jawa Timur kian cantik semenjak adanya Jembatan kaca karya dua mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Kedua mahasiswa Teknik Sipil UMM yang mendesain jembatan kaca tersebut adalah Mahatma Aji dan Khoriul.

Jembatan sepanjang 25 meter dengan lebar 1,5 meter itu menghubungkan Kampung Warna Warni dan Kampung Tridi. Rencananya, jembatan bakal diresmikan Wali Kota Malang Moch Anton . Kedua mahasiswa yang mendesain jembatan ini pernah menjadi juara umum Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia Tahun 2015.

Selain berfungsi sebagai penghubung antar kampung, jembatan kaca ini juga memiliki nilai estetika. Model jembatan gantung dengan tambahan kaca sebagai material pijakannya sengaja dipilih dengan tujuan agar pada malam hari pijakan jembatan yang terbuat dari kaca dapat memperlihatkan lampu-lampu yang indah.

Selain itu, lewat lantai kaca, warga dan pengunjung diajak untuk menikmati pemandangan dasar sungai dari atas jembatan. Kaca yang transparan memiliki sensasi tersendiri layaknya Jembatan Kaca di Zhangjiajie Cina.

Pembangunan jembatan¬†yang diberi nama “Ngalam Indonesia” itu membutuhkan waktu sekitar lima bulan, sejak 8 Mei hingga lalu. Untuk pembangunan, mereka difasilitasi oleh PT Inti Daya Guna Aneka Warna (Indana), pemilik produk Mix One.

Jembatan kaca yang berdiri di atas Sungai Brantas ini adalah jembatan kaca pertama di Indonesia. Bangunan yang didominasi warna kuning emas itu bisa digunakan untuk dua orang saling berpapasan. Ditaksir jembatan ini dapat menampung 50 orang dan menanggung beban 250 kilogram.

Sebelum ada jembatan, wisatawan yang ingin menikmati kedua sisi kampung harus menaiki puluhan anak tangga dan memutar lewat Jembatan Brantas. Munculnya Jembatan Kaca ini menjadi fasilitas baru bagi warga sekaligus alternatif bagi pengunjung.

Berikan Komentar Anda

avatar
wpDiscuz