Indahnya Nagari Pariangan

Suasana nagari pariangan [Pict. eliskaretia.wordpress.com]

NEWSWANTARA – Nagari pariangan menjadi desa terindah di Indonesia dari ketradisionalannya yang masih terlalu terjaga. Tidak hanya di Indonesia, Nagari pariangan pernah dinobatkan sebagai desa terindah di dunia versi Travel Buget, majalah pariwisata Internasional dari New York, Amerika Serikat. Nagari ini termasuk yang terbaik dalam menjaga rumah adat tradisional yang disebut rumah gadang.

predikat desa terindah ini diberikan kepada 16 desa dari seluruh penjuru dunia salah satunya Nagari Pariangan. Pada desa ini juga terdapat situs cagar budaya baru Tungku Tigo Sajarangan. Pada nagari ini juga masih dijumpai surau (rumah), yang masih menjadi tempat tinggal komunal untuk pria yang belum menikah.

Mengenal Desa Nagari pariangan ternyata menyimpan cerita bahwa tenyata menjadi awal mulanya masyarakat Minangkabau yang artinya Pariangan menjadi nagari tertua di Ranah Minang. Masyarakat minang mempercayai bahwa nenek moyang mereka berasal dari Puncak Gunung Marapi dimana dahulunya puncak gunung tersebut merupakan daratan sedangkan daerah lain masih berupa air lautan.

Baca juga : Danau Biru di Kolaka Utara Yang Memikat

Dalam beberapa waktu kemudian, barulah ketika air mulai surut, masyarakat membuat permukiman di sekitar puncak gunung dan Pariangan menjadi Nagari Pertama yang dibuka. Itulah kenapa Pariangan juga hingga sekarang masih disebut sebagai Nagari Tuo atau Desa Tua. Semakin spsesial lagi, kekayaan sejarah budaya ini juga masih sangat kental terjaga.

Sumatera Barat dikenal masih kuat dalam menjaga warisan leluhurnya sehingga ini menjadikan Tanah Minangkabau menjadi eksotis dalam kepariwisataan budayanya. Peninggalan sejarah yang ada terbilang sangat variatif, Sawah Gadang Satampang Baniah contohnya. Sawah yang menjadi bukti sejarah akan keeksotisan di Pariangan.

Desa Pariangan atau Nagari Pariangan ini terletak di Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat yang memakan waktu sekitar 95 km arah Utara dari ibukota provinsi di kota Padang atau 35 km untuk menjangkaunya. Berada di ketinggian 500-700 mdpl, Pariangan juga memiliki hawa yang sejuk.

Peninggalan sejarah dan kekayaan budaya di Nagari Pariangan menjadi begitu menarik bahkan menjadi yang terindah didunia versi majalah internasional. Anugerah alam yang diberikan Tuhan untuk alam Nagari Pariangan menjadi bukti nyata indahnya alam yang dimiliki Indonesia.

Panorama lanskap pegunungan yang khas dengan lahan suburnya seolah menjadi satu kesatuan utuh yang membuat Nagari Pariangan menjadi eksotis untuk di bisa dilestarikan dimiliki saat ini.

Berikan Komentar Anda

avatar
wpDiscuz