Greenland Indonesia

pict : okezone.com

NEWSWANTARA – Kekayaan alam yang terkeruk, meninggalkan galian yang terbentuk menjadi danau buatan. Pertambangan kaolin yang dimanfaatkan sebagai bahan industri seperti kosmetik, kertas, makanan, pasta gigi dan Kaolin digemari karena sifatnya yang halus, putih, kuat, halus serta daya hantar listrik dan daya hantar panas yang rendah.

Kaolin merupakan masa batuan yang tersusun dari material lempung dengan kandungan besi yang rendah, dan umumnya berwarna putih atau agak keputihan. Lubang bekas pertambaangan kaolin terbentuk seperti danau buatan.

Danau Kaolin adalah sebuah danau yang memiliki warna daratan yang putih bersih dan air yang berwarna biru menyala. Beda halnya dengan bekas pertambangan lainya, ditinggalkan dan alam menyempurnakan dengan keindahannya.

Potensi dan cadangan kaolin yang besar di Indonesia terdapat di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Pulau Bangka dan Belitung, serta potensi lainnya tersebar di Pulau Sumatera, Pulau Jawa, dan Sulawesi Utara.

pict : detik.com
pict : detik.com

Danau kaolin yang menyerupai Greenland ini terletak tepatnya di Desa Air Raya Tanjung Pandan, Belitung, Provinsi Bangka Belitung. Salah satu pulau yang mempunyai cadangan kaolin di Indonesia. Perpaduan warna biru airnya dan dinding-dinding batu yang berwarna putih seperti salju menjadikan danau ini direkomendasikan sebagai destinasi wisata.

Tidak hanya dapat dijadikan sebagai destinasi wisata, tempat ini bahkan telah sering dijadikan sebagai tempat prewed bagi pasangan muda yang akan menjalani pernikahan. Keindahan yang dimiliki Danau Kaolin ini dapat dijadikan sebagai aset dalam menarik wisatawan untuk mengunjungi Kepulauan Bangka Belitung.

Selain nuansa pantai dengan bebatuan yang besar nan indah. Kepulauan Bangka Belitung mempunyai sebuah destinasi wisata yang sangat menarik dan mempunyai keindahan yang tak kalah dengan pantai yang ada di kota ‘laskar pelangi’ ini.


Sumber : gosumatra

Berikan Komentar Anda

avatar
wpDiscuz