Berwisata Hati di Kota Sukabumi

Gedung Juang 45 Sukabumi
Gedung Juang 45 Sukabumi [inisukabumi.com]

NEWSWANTARA – Siapa yang tidak kenal dengan Kota Sukabumi? Untuk anda yang baru tahu Kota Sukabumi silahkan datang berkunjung untuk mengenal salah satu kota dengan luas wilayah terkecil di Provinsi Jawa Barat. Di kota ini anda akan di suguhi suasana kota yang nyaman, rapih dan udara yang dingin dari gunung Gede Pangrango.

Sebagai orang Sukabumi asli, rasanya tidak afdhol jika tidak mengenalkan Sukabumi ke khalayak luas. Menurut sejarah, kota yang terbentuk pada 1 April 1914 ini berawal dari pembukaan lahan perkebunan kopi di wilayah Priangan Barat pada masa VOC, yang mana Bupati Tjiandjoer Wiratanu VI membentuk kepatihan Tjikole yang merupakan
pendahulu lahirnya kota ini.

Nama Sukabumi sendiri memiliki makna Suka (Kesukaan) dan Bumi (bumi) yang berarti “Bumi Kesukaan” atau “Suka Menetap” maka tidak heran jika banyak pengunjung yang tertarik untuk kembali lagi ke Sukabumi.

Kota ini juga melahirkan beberapa tokoh di antaranya salah satu Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, artis Desy Ratnasari, pebulutangkis Berry Anggriawan, pencipta lagu anak-anak Ibu Sud dan sejumlah tokoh lainnya.

Karena Sukabumi adalah kota yang sangat dirindukan oleh penduduk asli maupun pengunjung maka kita akan membahas satu tempat yang menjadi identitas Kota tersebut salah satunya “Masjid Agung Kota Sukabumi”.

Tempat yang menjadi pusat penyiaran agama Islam ini terletak di Jalan Alun-alun Utara No. 4b, Gunung Parang, Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat. Sebagian orang juga menyebutkan Masjid Agung ini dengan sebutan Masjid Agung Cikole.

Masjid Agung Kota Sukabumi
Masjid Agung Kota Sukabumi [Istimewa]

Letaknya yang tidak jauh dari Monumen gedung juang, pendopo pemerintahan Kabupaten Sukabumi, Alun-alun yang sekarang beralih fungsi menjadi taman, lapangan merdeka dan juga pusat perbelanjaan sangat memudahkan para pengunjung untuk datang dan merasakan kekhusuan beribadah di dalamnya.

Masjid yang dirancang oleh Ir. Dedi Sudhramawan seorang arsitek handal lulusan Universitas Parahyangan ini terlihat megah dengan gaya desain yang modern dan futuristik yang tidak meninggalkan budaya lokal dan ciri khas Sukabumi yaitu dengan bagian ornamen pintu masjid yang berbentuk kujang.

Objek wisata Masjid Agung Kota Sukabumi ini menyajikan tempat yang rapih dan bersih dan juga penduduk lokal yang terkenal sangat ramah. Masjid ini menjadi bagian markas besar untuk umat Islam dalam melakukan dakwah dan kegiatan ibadah.

Setiap waktu masjid ini tidak sepi dengan pengunjung dan jika masuk waktu sholat bagian keamanan masjid menggiring semua jamaah yang berada di sekitaran masjid untuk segera bersiap melaksanakan sholat.

Untuk keamananpun masjid ini juga sudah di lengkapi dengan CCTV sehingga setiap kegiatan terpantau arahnya. Untuk anda yang sedang berada atau yang akan ke Kota Sukabumi jangan lupa untuk berkunjung ke Masjid Agung Kota Sukabumi dan nikmati perjalanan wisata hati anda di Kota Santri.

Berikan Komentar Anda

avatar