Keindahan Air Terjun Mata Jitu Yang Mempesona Dunia

Air terjun Mata Jitu
Pesona air terjun Mata Jitu yang masih asri terlihat [Pict: Istimewa]

NEWSWANTARA – Pemandangan asri dengan pepohonan hijau alami membuat angan terperangah menyaksikan keindahan alam Pulau Moyo. Pulau yang terkenal dengan air terjun Mata Jitu, air terjun yang menjadi primadona hingga mancanegara. Sederet nama ngetop dunia seperti mendiang kerajaan Inggris Lady Diana pernah menyambangi pulau ini.

Terakhir pasangan selebriti Korea Rain dan Kim Tae Hee memilih pulau Moyo sebagai tempat bulan madunya. Pulau Moyo secara administratif termasuk ke dalam Kabupaten Sumbawa Besar, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Alamnya sudah lama terdengar yang menjanjikan ketenangan bagi siap saja yang mengunjugi.

Baca juga : Destinasi Wisata Di Padang Yang Menjadi Primadona

Air terjun Mata Jitu salah satu lokasi favorit para pelancong yang telah menjadi bagian cagar alam. Konon air terjun ini telah terbentuk jutaan tahun lalu. Perpaduan air terjun yang berwarna hijau tua dan muda seakan-akan menghipnotis untuk menceburkan diri dan bermain air dengan keheningan alam.

Air terjun Mata Jitu
Pesona air terjun Mata Jitu [Pict: Istimewa]
Air terjun Mata Jitu memiliki empat undak dan tujuh kolam. Oleh penduduk setempat, ‘mata jitu’ diartikan sebagai mata air yang jatuhnya tepat mengenai kolam di bawahnya. Air terjun yang pernah di kunjungi oleh Putri Diana membuat masyarakat sekitar pun menjuluki air terjun ini dengan sebutan “Queen Waterfall”.

Lokasi Air Terjun Mata jitu ini terletak di Dusun Oiramu, Labuhan Aji, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Posisi tepat dari tempat wisata air terjun ini kurang lebih berjarak sekitar 21 kilometer dari pusat kota Sumbawa Besar – Ibukota Kabupaten Sumbawa.

Untuk mencapai Air Terjun Mata Jitu, pengunjung bisa menyewa perahu nelayan Desa Ai Bari di Kabupaten Sumbawa Besar. Setelah menyewa perahu, pengunjung akan melakukan perjalanan selama 2 jam dengan pemandangan yang mempesona dari Pulau Moyo yang nantinya akan dilanjutkan menggunakan ojek.

Sesampainya di Desa Ai Bari, Perjalanan kemudian akan dilanjutkan menggunkan sepeda motor selama 20 menit. Jika kiranya ingin menikmati sensasi berjalan kaki, pengunjung akan menghabiskan waktu selama 1,5 jam yang dijamin akan memberi pengalaman yang menyenangkan.

Hal itu tidak akan membuat perjalanan liburan kecewa karena di selama waktu perjalanan menuju lokasi air terjun. Pemandangan tropis yang disuguhkan sungguh mempesona dari perbukitan yang elok dan padang savana yang luar biasa. Sesampainya di Mata Jitu, pengunjung akan dikejutkan dengan penampakan air terjun mata jitu yang menyejukan mata. ©nws

Berikan Komentar Anda

avatar
wpDiscuz