air terjun madakaripura
Pesona keindahan air terjun Madakaripura [Pict: Istimewa]

NEWSWANTARA – Mendengar nama Probolinggo yang paling utama terpikirkan yaitu wisata Gunung Bromo dengan upacara adat Kasada. Tertutup oleh pesona Wisata Bromo, Probolinggo ternyata menyimpan destinasi wisata lain yang cukup menawan, yaitu Air Terjun Madakaripura. Air terjun ini ternyata menjadi air terjun tertinggi yang dimiliki Pulau Jawa.

Menurut cerita penduduk setempat, konon Patih Gajah Mada menghabiskan akhir hayatnya dengan bersemedi di lokasi air terjun Madakaripura (di sebuah goa di air terjun utama tersebut). Cerita ini didukung dengan adanya arca Gajah Mada di tempat parkir area tersebut.

Lokasinya yang cukup jauh ditambah dengan medan yang cukup berat serta minimnya angkutan umum yang menuju ke lokasi menjadikan objek wisata satu ini seolah tenggelam. Padahal pemandangan khas perbukitan dengan hijaunya Pepohonan sangat memanjakan mata.

Lokasi Air Terjun Madakaripura terletak di Dusun Branggah, Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur. Air terjun ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang merupakan salah air terjun di kawasan taman nasional.

Air terjun ini memliki ketinggian 200 meter dan menjadi air terjun tertinggi kedua di Indonesia. Air terjun Madakaripura berbentuk ceruk yang dikelilingi bukit-bukit yang meneteskan air pada seluruh bidang tebingnya seperti layaknya sedang hujan, tiga diantaranya bahkan mengucur deras membentuk air terjun lagi.

Baca Juga:

Madakaripura bisa dicapai dari Malang ataupun Probolinggo. Dari Probolinggo Anda bisa naik bus besar ke arah Tongas. Perjalanan dari Tongas ke Madakaripura penuh dengan pemandangan bagus dan juga jalan yang tidak cukup nyaman. Tapi semua itu akan terbayar jika penjelajah sudah sampai di pintu gerbang Madakaripura

Perjalanan dari Tongas ke Madakaripura penuh dengan pemandangan indah dengan jalur yang masih alami. Disarankan untuk membawa perlengkapan yang cukup untuk memimalisir terjadi kemungkinan buruk. Untuk saat ini, tidak ada tiket masuk melainkan hanya ditawari memakai jasa guide lokal untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. .

Mitos yang didapat dari Air Terjun Madakaripura adalah Anda disarankan untuk meninggalkan tempat ini sebelum jam 14.00. Akan sering terjadi hujan pada jam-jam ini yang bisa mempengaruhi tingkat air di sekitar air terjun yang cukup berbahaya dan memungkinkan Anda sulit meninggalkan tempat. (©nws)

Berikan Komentar Anda

avatar