Titipan Alam Samosir Yang Harus Dijaga

bentangan alam Samosir yang indah dan asri. [pict. maritim.go.id]

NEWSWANTARA – Data worldatlas, ternyata Pulau Samosir adalah salah satu dari pulau terbesar yang berada di tengah danau. Pulau vulkanik yang terbentu dari letusan gunung berapi terlatak di provinsi Sumatera Utara dengan luas 640 km2. Memiliki ketinggiannya 1.000 MDPL dengan keeksotisan yang dimiliki menarik perhatian turis domestik maupun asing.

Pulau Samosir menyajikan pegunungan berkabut, air terjun dengna air jernih untuk berenang,serta dua danau indah yang dijuluki ‘danau di atas danau’ (Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang). Masyarakat lokal Samosir berasal dari suku batak yang umumnya berkerja sebagai peladang.

Terdapat dua danau di pulau yang berada di tengah Danau Toba, yaitu Danau Sidihoni dan Aek Natonang. Danau Toba sendiri merupakan danau terbesar di Indonesia dan danau vulkanologi terbesar di dunia. Pulau yang menawarkan banyak keunikan budaya dan sejarah yang masih terjaga hingga sekarang.

Salah satunya Desa Ambarita, desa yang kaya akan peninggalan sejarah di masa kepemimpinan Raja Sidabutar, tokoh yang dipercaya menjadi manusia pertama yang menginjakkan kaki di pulau tersebut. Terdapat juga makam Raja Sidabutar yang berusia 450 tahun serta rumah adat batak yang akan melengkapi kunjungan wisatwan.

[pict. analisadaily.com/Ferdi]
Wisatawan juga dapat melihat kekayaan budaya lainnya seperti masyarakat Huta Siallagan yang cukup legendaris, yakni Batu Kursi Raja Siallagan ‘Stone Chair Of King Siallagan’. Wisatawan akan melihat bebatuan yang dibentuk dan menjadi kursi raja, kursi persidangan dan batu eksekusi di zaman kerajaan Siallagan.

Memasuki Gapura yang bertuliskan Huta Siallagan, wisatawan bak disambut untuk menyusuri apa-apa saja yang menjadi kekayaan budaya marga Siallagan. Pemandangan perkampungannya yang masih lekat dengan budaya. Khususnya pada bangunan pekuburan yang megah dan besar seperti rumah mewah atau tugu.

Hal itu menjadi pemandangan yang akan sering dilihat mengingat orang Batak sangat menghormati leluhurnya. Membangun monumen atau tugu dari Lelurnya merupakan cikal bakal dari keluarga besar marga. Ada pula kuburan beton yang tinggi dan berbentuk rumah adat Batak.

Tentu saja, Pulau Samosir bukanlah satu-satunya pulau di dunia yang berada di tengah danau. Namun, bagaimana posisi Pulau Samosir tersebut di antara banyak pulau lain yang berada di tengah danau seperti Pulau Manitoulin di Kanada (2.766 km2), Vozrohdeniya di Uzbekistan-Kazakhtan (2.300 km2), Rene Levasseuyr di Kanada (2.000 km2), Olkhon di Russia (730 km2).