Taman Nasional Teluk Cenderawasih Jadi Surga Para Penyelam

Taman Nasional Teluk Cenderawasih
Penampakan hiu paus atau whale shark (Rhincodon typus) di Taman Nasional Teluk Cenderawasih [pict : Telukcenderawasih-nationalpark.org]

NEWSWANTARA – Kawasan laut Teluk Cenderawasih memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang tersebar di darat, pulau-pulau maupun di perairan laut. Teluk Cendrawasih ditetapkan sebagai Taman Nasional melalui Keputusan Menteri Kehutanan Nomor 472/Kpts-II/1993 tanggal 2 September 1993.

Taman Nasional Teluk Cenderawasih (TNTC) memiliki struktur geologi yang unik dan sejarah oceanographic yang sangat penting. TNTC Memiliki terumbu karang yang luas dengan kualitas terbaik di dunia. Survey yang dilakukan dengan melibatkan ahli terumbu karang dunia pada tahun 2006 menemukan lebih dari 500 jenis spesies terumbu karang dengan 14 spesies baru.

Pulau Purup dan Selat Numamurang diantaranya merupakan tempat terbanyak ditemukannya keanekaragaman hayati yang pernah dicatat di seluruh dunia. Kawasan ini pun memiliki fungsi perlindungan sistem penyangga kehidupan. Luas kawasan yang masuk dalam wilayah Kabupaten Teluk Wondama adalah sekitar 80 persen dari luas TNTC secara keseluruhan.

baca juga : Sungai tamborasi menjadi sungai terpendek kedua di dunia

Secara administratif kawasan ini berada dalam wilayah dua kabupaten, yaitu Kabupaten Teluk Wondama dan Kabupaten Nabire. Ada lebih dari 950 spesies ikan karang ditemukan di Taman Nasional Teluk Cendrawasih. Kawasan ini merupakan rumah bagi populasi mega fauna termasuk hiu paus (Rhinocodon typus), ikan duyung (dugong dugon), Napoleon wrasse, penyu dan populasi predator yang relatif sehat seperti hiu.

Taman Nasional Teluk Cendrawasih berada di 5 wilayah dan dua propinsi, yaitu Kabupaten Teluk Wondana dan Kabupaten Manokwari di Propinsi Papua Barat dan Kabupaten Nabire, Kabupaten Yapen dan Kabupaten Waropen di Propinsi Papua. Komunitas lokal yang hidup di sekitar taman nasional memanfaatkan sumber daya laut sebagai sumber kehidupan.

Sebelah Utara Taman Nasional Teluk Cenderawasih, terbentang dari distrik ransiki kearah timur perairan Laut Kabupaten Yapen Waropen. Sebelah Selatan dan Barat berbatasan langsung dengan pesisir pantai daratan pulau papua. Sebelah Timur, terbentang dari  arah  Selatan  desa  Sima Kecamatan Yaur Kabupaten Nabire kearah utara.

Ditetapkannya TNTC bertujuan untuk memelihara dan melestarikan fungsi kawasan dan untuk menjaga keanekaragaman jenis flora dan fauna serta ekosistemnya selain itu, fungsi kawasan TNTC adalah sebagai perlindungan sistem penyangga kehidupan, untuk menunjang pemanfaatan kelestarian sumberdaya alam hayati dan ekosistemnya, serta untuk dimanfaatkan bagi kepentingan penelitian, ilmu pengetahuan dan pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata dan rekreasi.


Sumber : Telukcenderawasih-Nationalpark.org

Berikan Komentar Anda

avatar
wpDiscuz