Taman Nasional Komodo

pict : tribunnews.com

NEWSWANTARA – Dengan bentang alam luas yang dimiliki Indonesia, terdapat 50 taman nasional yang ada di negeri ini. Berdasarkan pasal 1 butir 14 UU No. 5 Tahun 1990, yang dimaksud dengan Taman nasional adalah kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata, dan rekreasi.

Taman nasional dijadikan sebagai tempat konservasi hewan yang sudah beranjak punah hingga membutuhkan pelestarian untuk kelangsungan hidupnya. Dari 50 taman nasional yang ada di Indonesia, terdapat 7 Taman nasional yang telah dikenal oleh masyarakat luas seperti wakatobi, bunaken, ujung kulon, leuser, komodo, way kambas, dan bali barat.

Dari ketujuh taman nasional yang populer di Indonesia, taman nasional komodo merupakan salah satu tempat yang menarik perhatian wisatawan serta menciptakan rasa penasaran yang tinggi akan hewan purbakala ini. Dapat dilihat dari angka wisatawan yang mengunjungi pulau komodo memiliki peningkatan tiap tahunya.

Pada tahun 1980 taman nasional ini didirikan untuk melindungi komodo dan habitatnya. Di sana terdapat 277 spesies hewan yang merupakan perpaduan hewan yang berasal dari Asia dan Australia, yang terdiri dari 32 spesies mamalia, 128 spesies burung, dan 37 spesies reptilia. Bersama dengan komodo, setidaknya 25 spesies hewan darat dan burung termasuk hewan yang dilindungi, karena jumlahnya yang terbatas atau terbatasnya penyebaran mereka.

Selain itu, di kawasan ini terdapat pula terumbu karang. Setidaknya terdapat 253 spesies karang pembentuk terumbu yang ditemukan di sana, dengan sekitar 1.000 spesies ikan. Keindahan terumbu ini menarik minat wisatawan asing untuk berenang atau menyelam di perairan ini.

Taman Nasional Komodo berada di antara Pulau Sumbawa dan Pulau Flores di kepulauan Indonesia Timur. Secara administratif termasuk dalam Wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Taman Nasional Pulau Komodo terdiri dari 3 pulau besar yaitu Komodo, Rinca dan Padar serta 26 pulau besar/kecil disekitarnya. Pulau Komodo secara resmi ditetapkan sebagai New 7 Wonders of Nature atau yang lebih dikenal dengan 7 keajaiban dunia pada 16 Mei 2013 di Zurich, Swiss.

Beberapa tumbuhan yang ada di Taman Nasional Komodo antara lain rotan, bambu, asam, kepuh, bidara, dan bakau. Keadaan alam yang kering dan gersang menjadikan suatu keunikan tersendiri. Adanya padang savana yang luas, sumber air yang terbatas dan suhu yang cukup panas ternyata merupakan habitat yang disenangi oleh sejenis binatang purba seperti komodo.

Selain satwa khas berupa komodo, di taman nasional komodo juga terdapat rusa, babi hutan, ajag, kuda liar, kerbau liar, 2 jenis penyu, 10 jenis lumba-lumba, 6 jenis paus dan duyung yang sering terlihat di perairan laut Taman Nasional Komodo

Pulau Rinca yang merupakan bagian dari Taman Nasional Komodo, pict : objekwisatapopuler.com
Pulau Rinca yang merupakan bagian dari Taman Nasional Komodo, pict : objekwisatapopuler.com

Berdasarkan data dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan NTT pada tahun 2012, Meningkatnya kunjungan wisatawan yang datang untuk mengunjungi Taman Nasional Pulau Komodo, berimplikasi pada peredaran uang di Labuan Bajo yang ditaksir mencapai lebih dari Rp 838 miliar.

Jumlah itu berdasarkan asumsi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke daerah itu mengeluarkan biaya minimal Rp 1 juta per hari untuk pemenuhan sejumlah kebutuhannya, seperti akomodasi, transportasi, makan, dan minum. Jika diasumsikan dengan lama wisatawan tinggal paling kurang lima hari, maka diperoleh Rp 838 miliar

melihat angka yang sangat fantastis tersebut, diharapkan mampu berkontribusi terhadap perekonomian masyarakat sekitar. Mengingat pulau Komodo yang memiliki potensi yang sangat mungkin untuk dikembangkan. Komodo, hewan purbakala yang menjadi ikon, memiliki ciri khas yang mampu mendatangkan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Untuk itu daerah-daerah lain seyogyanya bisa mengembangkan daerahnya masing dengan menunjukan sisi keunikannya serta keindahan alam yang dimiliki. Keberagaman yang dimiliki oleh bangsa ini telah mampu dijadikan sebagai nilai lebih untuk bisa bersaing dengan negara lain di dunia khususnya di bidang pariwisata.

Berikan Komentar Anda

avatar
wpDiscuz