Sungai Tamborasi Menjadi Sungai Terpendek Kedua di Dunia

Terlihat pasir putih yang menyekat sungai tamborasi dan pantai tanborasi [pict. otonomi.co.id]

NEWSWANTARA – Sungai Tamborasi memiliki panjang 20 meter dan lebar 15 meter terletak di Kabupaten Kolaka Propinsi Sulawesi Tenggara. Sungai Tamborasi tercatat sebagai sungai terpendek ke dua di dunia setelah Sungai Reprua yang berada di Georgia dengan ukuran panjang 18 meter. Sungai Tamborasi berbatasan dengan bibir Pantai tamborasi yang hanya berjarak beberapa meter.

Sungai ini terkesan seperti sebuah danau, tetapi aliran air yang mengalir membuktikan bahwa ini adalah sungai. Air sungai yang berasal dari sebuah mata air yang berada diantara bebatuan tebing yang segar, berwarna hijau dan air sangat tenang sekilas mirip dengan air danau tetapi sejatinya air disini mengalir.

Baca juga : Titipan alam samosir yang harus dijaga

Kondisi air antara pantai dan sungai ini jauh berbeda. Air yang ada di sungai terasa dingin dan segar, namun air pantai terasa akan hangat. Hulu di Sungai ini berhubungan langsung dengan laut Pantai Tamborasi. Keunikan serta keeksotisan sungai Tamborasi sangat mempesona yang tidak di miliki sungai lainnya.

Berkunjung di Tamborasi ini pengunjung akan memiliki 2 buah pilihan untuk berenang ataupun Cuma berendam. Kondisi sungai yang berhinpitan langsung dengan dinding tebing dan pohon-pohon yang berakar sampai dasar sungai menjadikan sungai ini terasa sejuk walaupun berada di pinggir pantai.

Dibalik keeksotisannya, Tambarosi menyimpan mitos yang masih dipercaya penduduk setempat. Konon apabila pengunjung ada yang bisa mengikatkan sebuah tali pada akar-akar pohon yang berada di pinggir sungai, penduduk setempat meyakini jodoh akan segera datang ataupun hubungan akan berjalan harmonis.

Mitos dan keindahan Sungai Tamborasi akan menambahkan kelengkapan ketika berwisata ke Kabupaten Kolaka. Ditetapkan sebagai sungai terpendek di dunia menjadi fenomena alam yang langkah untuk dapat meikmatinya. Disamping itu dapat menambah wawasan akan fenomena alam yang ternyata Indonesia memiliki untuk bisa dijaga sebagai warisan.

Berikan Komentar Anda

avatar
wpDiscuz